Senin, 18 Februari 2013

Cara Melukis di Atas Kanvas Menggunakan Cat Minyak

Cara Melukis di Kanvas Menggunakan Cat Minyak

Gambar di samping ini merupakan hasil karya saya sendiri, Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan. Tak rugi saya bersusah payah mengerjakannya sampai berhari-hari . ya maklum, jadinya lama karena saya harus mengerjakan tugas-tugas yang lainnya. Lukisan di atas kanvas ini merupakan tugas di bidang mata pelajaran seni budaya, namun pada akhirnya setelah saya nilaikan dan mendapat hasil optimal, saya jadikan lukisan tersebut sebagai penghias ruangan kelas saya.

Cara melukis di atas kanvas tidaklah rumit, namun butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi agar hasil yang didapatkan nantinya dapat optimal.

Cara-caranya

1.) Siapkan peralatan melukis anda, contoh : kanvas, cat minyak, kuas, palet, pensil, penghapus, minyak untuk cat minyak dll.
2) Pertama-tama, sketsalah gambar yang ingin anda lukis, jangan terlalu tebal. jika terlalu tebal nantinya akan tembus apabila anda menggunakan warna yang cerah.
3) Gunakan cat minyak yang bagus , yang mudah teratur ( sebaiknya gunakan Marie's oil colour).
4)Setelah itu, mulailah mencampur warna yang akan anda gunakan. Usahakan gunakan beberapa palet agar mudah nantinya mencampur warna, dan warna yang telah tercampur tidak terhapus atau terbuang. Pisahkan juga warna yang cerah dengan warna yang gelap di palet yang berbeda.
5)Gunakan kuas yang banyak agar tidak tercampur-campur. Pilihlah kuas yang ujungnya runcing untuk gambar yang mendetail, dan pinggiran. Kuas dengan ujung kotak untuk mengeblock. pilihlah ukuran kuas yang sesuai gambar anda. ( sebaiknya gunakan kuas dengan serat nylon/kualitas yg baik)
6) Letakkan kanvas ditempat yang membuat anda nyaman untuk melukisnya. Dan ditempat yang cukup cahayanya.
7)Jangan takut untuk melukis atau menaruh warna (bagi pemula), karena cat minyak apabila sudah kering, bisa ditumpuk dengan warna lainnya.
8)Jangan segan-segan menggunakan benda-benda yang ujungnya kecil untuk gambar yang sangat mendetail. contoh misalnya : cotton buds, tusuk gigi dll
9)Untuk pemandangan alam seperti pohon, agar lukisan anda menjadi hidup, gunakan gradasi warna agar pohon tersebut menjadi hidup. pertama gunakan warna hijau muda, lalu tumpuk dengan hijau tua, lalu setelah kering tumpuk dengan warna kuning, lalu warna hitam untuk bayangannya.
10) Apabila kuas telah terpakai semua, maka segeralah mencuci kuas tersebut dengan air+sabun, agar tidak tercampur warna lain.

sekian cara-cara melukis di atas kanvas dengan cat minyak dari saya. apabila ada yang kurang, mohon koment di bawah sini :) makasih
Don't afraid to spread your brush on your canvas . Keep Imagination and Keep artistic :)

22 komentar:

  1. waaahhh.... bagus banget lukisan kamu....
    :D

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. bisnis online apa tuh gan? :D aku g tw :D

      Hapus
  3. makasih infonya. Sangat membantu bagi aku yg beginner hehehe

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  5. boleh tanya gak ??
    kenapa tulisan kamu bisa berada di atas, pencarian google ..??

    BalasHapus
  6. lukisan mu seindah wajah mu,,,
    :D

    BalasHapus
  7. haha. iyo khilaf :D maaf. aku gak copy paste ya. sorry. coba aja cari, emang ada ya artikel yang kayak aku? -_- wkwkw maaf

    BalasHapus
  8. baguus neng lkisanmu saluuut
    jlan2 k blogku dong pemula nih ak hehehe
    dodwiki.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Thank you infonya, membantu bnget

    ada waktu mampir ke blog adi0354.blogspot.com

    BalasHapus
  10. wah keren mbak tipsnya.
    bisa dipljari buat adek2 kls X dismaxis :)

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. wah likisanya menarik mas,,
    kreatif sekali,,

    BalasHapus