Senin, 04 Maret 2013

Karya Anak Bangsa yang Menakjubkan


Karya Anak Bangsa yang Menakjubkan

Betapa bangganya kita sebagai warga indonesia setelah mendengar kabar bahwa tak sedikit karya anak Indonesia yang diakui oleh Mancanegara. Tak hanya dilingkup Asia Tenggara lagi, melainkan sudah mencapai lingkup Internasional. Sungguh menakjubkan.
Berikut ini, saya mengambil 2 contoh betapa menakjubkannya karya anak bangsa Indonesia.

1.       Bidang Teknologi



Seorang penemu teknologi  4G adalah orang Indonesia, dialah Prof. Khoirul Anwar, yang menemukan dan sekaligus pemilik paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).
Penemuan teknologi  4G berbasis OFDM diawalinya dengan ide mengurangi daya transmisi untuk meningkatkan kecepatan transmisi data. Penurunan daya dilakukan hingga 5dB saja (100.000 = 10 pangkat 5 kali lebih kecil dari teknologi sebelumnya) dan hasilnya kecepatan transmisi meningkat.

Pada paten keduanya, Khoirul Anwar kembali membuat dunia kagum, kali ini adalah menghapus sama sekali guard interval/GI, tentu saja ini malah membuat frekuensi yang berbeda akan bertabrakan, alih-alih menambah kecepatan.

2.      Bidang Perfilman

Berikut ini salah satu film indonesia yang mendunia
The Raid : Redemption



The Raid merupakan film Indonesia pertama yang masuk box office Amerika Serikat (AS) dan pernah bertengger pada urutan 11 sebagai film yang paling banyak ditonton di bioskop AS. Film yang menonjolkan beladiri asli Indonesia yakni Pencak Silat ini diputar di 875 bioskop di AS. Selain di AS, film ini juga diputar dibeberapa negara lainnya. Mengutip dari Cekricek.com, The Raid telah menyabet 3 penghargaan bergengsi dunia, antara lain Cadillacs People’s Choice Award, Toronto International Film Festival 2011 dan The Best Film sekaligus Audience Award- Jameson Dublin International Film Festival.
Untuk diketahui, film ini diproduseri oleh Ario Sagantoro dan disutradari oleh Evan H Garet serta dibintangi oleh Iko Uwais, Yayan Ruhian, Ray Sahetapy, Joe Taslim, Dony Alamsyah, Pierre Gruno dan Tegar Satrya. The Raid juga diikutkan dalam Festival Film Sundance 2012 dan menjadi film favorit versi juri. Film ini juga dikabarkan akan diremake (dibuat ulang) oleh Screen Gems, anak perusahaan Sony Entertainment.
Setelah hak siarnya di AS dibeli oleh Sony Pictures Classic, Sony menggandeng Mike Shinoda dari Linkin Park sebagai penata musik (music score) film tersebut.

            Dan masih banyak lagi, karya-karya anak bangsa yang sungguh menakjubkan baik dalam bidang animasi, teknologi, transformasi dan lain sebagainya.
Anak-anak bangsa tersebut berjuang keras dalam mengharumkan nama Indonesia di berbagai bidang hingga terkenal di Mancanegara. Sudah sepatutnya kita menghargai jasa-jasa mereka melalui berbagai cara, misalnya mencintai produk asli indonesia, menonton filmnya, membeli CD/DVD yang original dll. Cara-cara tersebut seyogyanya kita lakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap karya-karya yang telah mereka buat. Mereka menciptakan, menemukan, dan berkarya untuk kemajuan negara kita sendiri dan juga dengan harapan ingin menunjukkan bahwa Indonesia itu BISA !! 
So, What’s wrong if we appreciate their own creation?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar