Rabu, 30 Maret 2016

Prak 05 – Adding Flare, Particles, Vignette, and Chrome Aberration

1. Tujuan

Pada tahap ini, bertujuan untuk menambah detail dari animasi logo dari praktikum sebelumnya. Dengan cara menambahkan flare dan particles. Kemudian menambahkan lens effect seperti vignette dan chrome aberration

2. Alat

Maxon Cinema 4D R16
Adobe After Effects CC 2015
Knoll Light Factory
Trapcode Particular

3. Bahan




4. Dasar Teori

Flare dalam animasi 3D merupakan salah satu effects yang seperti sumber cahaya matahari dimaksudkan untuk membantu melihat fokus dalam objek yang dimaksudkan.
Vignette merupakan gambar ilustrasi berbentuk dekoratif yg berfungsi sbagai pengisi ruang
kosong pada kertas narasi. kata vignette sendiri berasal dari bahasa prancis yang berarti batang anggur.Di prancia sendiri vignet merupakan seni hias buku, biasanya bentuk hiasan tersebut di gunakan dalam seni grafik dn arsitektur, ada juga yang mengartikan vignet adalah sebuah sketsa dengan gambar yang unik dn dekoratif.

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
  1. Tambahkan Flare
  2. Tambahkan Particles
  3. Tambahkan Vignette
  4. Tambahkan Chrome Aberration

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
Menambahkan flare menggunakan Knoll Light Factory


Menambahkan particle menggunakan Trapcode Particular

Menambahkan lens effect Vignette


Menambahkan lens effect Chrome Aberration

7. Hasil Praktikum


lens flare


Particle


Vignete


Chrome Aberation



8. Kesimpulan

 Dengan adanya praktikum Animasi 3D logo favorit menggunakan Cinema 4D dan Adobe After Effect membuat saya lebih paham cara dasar membuat animasi 3D dan saya juga mengerti after effect. Kesulitan yang saya rasakan saat membuat logo ini saat menambahkan Flare pada animasi logo saya dikarenakan pada Adobe AE saya belum tersedia aplikasi Knoll Light Factory, namun saya menggunakan light flare, dia memiliki kesamaan dengan knol light factory. Kesalahan yang masih terjadi ini akan segera saya perbaiki agar bisa lebih baik untuk praktikum selanjutnya.

9. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar