Minggu, 26 Juni 2016

Prak. 10 - Membuat Aset Sekunder (Capsule) (Part 2)

1.   Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.

2.   Alat
Maxon Cinema 4D R16

3.   Bahan
*Tanpa Bahan*

4.   Dasar teori

Fungsi cloner ialah untuk menduplikasi atau menggandakan suatu objek. suatu objek yang awalnya tunggal kemudia di cloner menjadi beberapa sesuai dengan kebutuhan. Untuk bisa mengaktifkan cloner maka pilih pada baris menu MoGraph kemudian pilih cloner. dan pada menu layer jadikan objek yang akan di cloner menjadi bagian dari atau child dari cloner.


Fungsi spline wrap ialah untuk mengarahkan suatu objek agar membentuk suatu garis atau lintasan sesuai dengan yang kita inginkan. kita bisa menggunakan pedoman atau acuan suatu garis yang membentuk suatu bentuk tertentu tertentu agar objek yang semula hanya berupa urutan sejajar akan membentuk mengikuti acuan garis yang sudah kita tentukan sebelumnya.

Cara menggunakan cloner pada cloner ialah pertama dengan mengaktifkan cloner lagi pada main menu MoGraph, kemudian cloner sebelumnya dijadikan sebagai bagaian atau child dari cloner yang baru. kemudian aktifkan render instances untuk menampilkan hasil cloner pada cloner, kemudian tentukan jumlah cloner dan atur posisi pada sumbu x y z yang sesuai dengan kebutuhan.


5.   Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan!

6.   Hasil Praktikum





7.   Kesimpulan
Dengan adanya praktikum untuk membuat Polygon Modeling part 2 menggunakan Cinema 4D membuat saya tahu step-step apa saja yang harus saya lakukan untuk menambahkan efek tersebut. Dalam praktikum ini, saya menambahkan warna pada objek, agar terkesan seperti besi asli. Kesulitan yang saya rasakan disepanjangan saya menyelesaikan praktikum ini yaitu aplikasi cinema 4d yang ada di laptop sering macet, dan apabila saya buka melalui mac akan rusak. Kesalahan yang terjadi ini akan segera saya perbaiki agar bisa lebih baik untuk praktikum selanjutnya.


8.   Referensi

Moh Hasbi Asidiqi, "Prak 10 – Membuat Aset Sekunder (Capsule) (Part 2)"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar