1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Maxon Cinema 4D R16
3. Bahan
- hasil praktikum sebelumnya
- asset sekunder download
4. Dasar Teori
Gunakan pertanyaan berikut untuk menuliskan dasar teori yang relevan
- Secondary Asset berfungsi sebagai asset tambahan untuk menambah kompleksitas animasi 3D.
- F-Curves adalah kurva cepat/lambatnya pergerakan animasi. digunakan untuk mengatur Ease-in maupun Ease-out. F-Curves juga sangat membantu jika ingin menggunakan animasi efek bounce, wave, dll.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
- Tambahkan secondary Assets
- Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
- Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Alhamdulillah praktikum saya selesai mengerjakan praktikum 3. namun saya mengalami banyak kesulitan. kesulitan yang saya alami pertama saat membuat clone dan helix. mengatur bagaimana pasnya. jadi cukup lumayan mengira-ngira pasnya bagaimana. tapi berbagai cara saya lakukan untuk bisa membuatnya, mulai dari mempelajari modul sampai tanya kepada teman yang lebih bisa dan sudah selesai. alhamdulillah, saya dapat menyelesaikan praktikum ke 3 ini.
9. Referensi
9. Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar